Kartu Tani Derencanakan Diterbitkan Pemerintah

5/27/2016
Kartu Tani Derencanakan Diterbitkan Pemerintah 
KD, JAKARTA - Kartu Tani direncanakan diterbitkan pemerintah, tujuannya agar kebutuhan pupuk dan bibit bisa diketahui serta agar hasil panen pertahun bisa dipantau. Kartu Tani bagi petani tebu derencanakan sebagai awal penerbitan kartu ini. Uji coba ini dilakukan mengingat tingkat kerumitan petani tebu lebih rendah. Hal terebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"Petani padi lebih kompleks, jadi kita coba dulu untuk petani tebu," kata Darmin saat rapat koordinasi dengan beberapa Menteri Kabinet Kerja, yang dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian. Seiring berjalannya waktu, Kartu Tani ini nantinya akan dapat dinikmati oleh petani komoditas lain seperti beras, bawang, jagung ataupun hasil tani lain.

Menteri Negara BUMN Rini Soemarno, pada kesempatan yang sama menyampaikan, bahwa pemerintah bekerja sama dengan Pemda, Perbankan dan BUMN untuk mendapatkan data yang akurat. Berbagai subsidi dan hasil penjualan dari petani ke BUMN atau Bulog, akan dibayarkan langsung ke rekening petani, sehingga tidak ada uang tunai yang beredar. Kartu Tani rencananya akan diterbitkan oleh 3 bank BUMN yaitu Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI. "Diharapkan sebelum bulan puasa, sudah bisa di-launching," ungkap Rini. ***

Share this

saya menyukai kalimat ini, "yang tertulis akan terus menetap, yang terucap akan berlalu."

Tulisan Terkait

Previous
Next Post »