Training of Trainer (ToT) Pelatihan Aparatur Desa

6/24/2016
Training of Trainer (ToT) Pelatihan Aparatur Desa
KD, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dalam rangka menjalankan dan mendukung cita-cita UU Desa menyelanggarakan Training of Trainer (ToT), Pelatihan Aparatur Desa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa," papar Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Rabu (22 Juni 2016) di Hotel Mercure Convention Centre Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Menurut Tjahjo, minimnya kemampuan aparatur desa mengelola dana pembangunan tak lepas dari cara pandang pemerintah tentang desa.

"Pemerintah meragukan kemampuan pemerintah desa dalam mengelola keuangan, kegiatan pelatihan, karena selama ini ternyata memang peran masyarakat desa dalam melakukan kegiatan pelatihan masih bersifat sebagai obyek, model dan materi pelatihan semua diberikan dari atas, seolah ini menjadi kebutuhan warga desa," kata Tjahjo.

Karenanya, lanjut Tjahjo, dengan dilatihnya 655 orang pelatih yang tersebar dari sepuluh provinsi di wilayah Sumatera kali ini, akan membantu pemerintah dalam mensosialisaikan instrument baru untuk menerapkan kabijakan terkait pelaksanaan UU Desa.

"Output dari pelatihan ini akan tersedia pelatih dalam memfasilitasi pelatih aparatur pemerintah desa untuk mendukung implementasi UU Desa," katanya.

Adapun sasaran pembangunan pedesaan tersebut, sambung Tjahjo, diupayakan secara bertahap dengan beberapa langkah.

Pertama, dijelaskan Tjahjo, peningkatan kualitas tenaga kerja di pedesaan.  Kedua, peningkatan kemampuan aparatur pemerintah desa. ketiga, penguatan lembaga pemerintah dan lembaga masyarakat desa. Keempat,  pengembangan kemampuan sosial ekonomi masyarakat desa. Kelima, pengembangan sarana dan prasarana dan prasarana pedesaan.

"Dan terakhir, pemantapan keterpaduan pembangunan desa berwawasan lingkungan," pungkas Tjahjo. [oto]***

Share this

Just Abula, Contact me via Email

Related Posts

Previous
Next Post »