Sukuk Ritel: Investasi Rakyat Penuh Manfaat

2/23/2016
Kini, Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi langsung dalam pembangunan sekaligus memperoleh imbalan investasi yang menguntungkan dengan menjadi investor Sukuk Ritel. Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi yang diterbitkan Pemerintah di pasar perdana, khusus untuk Warga Negara Indonesia.

Membeli Sukuk Ritel sangat mudah. Calon investor dapat membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah. Hampir seluruh bank besar, baik nasional maupun asing, bank syariah, dan perusahaan sekuritas yang kredibel, telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dapat membeli Sukuk Ritel.


Ada banyak alasan untuk berinvestasi di Sukuk Ritel. Selain aman karena dijamin oleh pemerintah, Sukuk Ritel juga menguntungkan karena memiliki tingkat imbalan yang kompetitif, lebih tinggi daripada rata-rata tingkat bunga deposito bank umum nasional. Selain itu, Sukuk Ritel juga sesuai syariah, karena merupakan surat pernyataan kepemilikan terhadap Aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diterbitkan sesuai fatwa Ijarah Asset to be Leased dan telah mendapat opini syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).


Cukup dengan investasi awal Rp5 juta berlaku kelipatan dengan maksimal investasi Rp5 miliar, investor akan memperoleh imbalan dalam jumlah tetap setiap bulannya hingga masa jatuh tempo. Jangka waktu investasi pada Sukuk Ritel sendiri adalah selama tiga tahun, dimana pada akhir periode, investor  akan kembali menerima pokok pembeliannya.

Namun demikian, sebelum jatuh tempo, investor tetap dapat menjualnya di pasar sekunder dengan harga pasar. Selain itu, Sukuk Ritel juga dapat dijaminkan, karena agen Penjual Sukuk Ritel telah menyediakan fasilitas bagi investor untuk dapat menjaminkan instrumen tersebut jika memerlukan likuiditas sebelum jatuh tempo.

Keuntungan lainnya, Sukuk Ritel dikenakan pajak yang lebih rendah. Jika bunga deposito dikenakan pajak sebesar 20 persen, imbalan Sukuk Ritel hanya dikenakan pajak sebesar 15 persen. Yang terpenting, dengan berinvestasi pada sukuk ritel, investor telah berpartisipasi langsung dalam pembangunan Indonesia. Hal ini karena hasil penerbitan Sukuk Ritel digunakan untuk membiayai pembangunan Indonesia.

Dengan sejumlah keuntungan yang ditawarkan tersebut, tahun ini, Pemerintah akan kembali menerbitkan Sukuk Ritel, yaitu seri SR-008. Masa penawaran Sukuk Ritel seri SR-008 akan dimulai pada 19 Februari hingga 4 Maret 2016, dan penjatahan pada 7 Maret 2016.

Penerbitannya akan dilakukan pada 10 Maret 2016, sementara pencatatan di bursa akan dilakukan pada 11 Maret 2016. Sukuk Ritel SR-008 ini akan jatuh tempo pada 10 Maret 2019.

Penerbitan Sukuk Ritel ini menggunakan akad Ijarah Asset to be Leased/Ijarah Milkiyah Al Maujudah Bistijariah. Underlying asset yang digunakan yaitu proyek-proyek dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 serta Barang Milik Negara berupa tanah dan bangunan. Sukuk Ritel seri SR-008 menawarkan tingkat imbalan sebesar 8,3 persen. Sukuk ritel ini dapat diperdagangankan (tradable), dengan holding period satu periode kupon.

Dalam peluncuran Sukuk Ritel seri SR-008 pada 18 Februari 2016, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengungkapkan, Sejak diterbitkan pertama kali pada tahun 2009, Sukuk Ritel telah menjadi salah satu instrumen financial inclusion yang luar biasa. “Penerbitan Sukuk Negara Ritel yang setiap penerbitannya mampu menjaring puluhan ribu investor individu ini dapat turut berperan efektif dalam upaya melakukan transformasi dari saving-oriented society menjadi investment-oriented society,” katanya.


Kenapa Pemerintah Menerbitkan Sukuk Ritel

  1. Sebagai instrumen pembiayaan APBN termasuk pembiayaan proyek oleh Pemerintah.
  2. Mendukung keuangan inklusif dengan menyediakan instrumen investasi yang terjangkau oleh masyarakat umum.
  3. Mendukung transformasi savings-oriented society (menabung) menjadi investing-oriented society (investasi).
  4. Menyediakan instrumen investasi berbasis syariah.
  5. Mendukung pengembangan keuangan syariah Indonesia.

Kenapa Harus Berinvestasi pada Sukuk Ritel

  1. Aman. Sukuk Ritel investasi yang aman, dijamin oleh Pemerintah.
  2. Menguntungkan. Tingkat imbalan Sukuk Ritel kompetitif, lebih tinggi daripada rata-rata tingkat bunga deposito bank umum nasional.
  3. Sesuai syariah. Sukuk Ritel adalah surat pernyataan kepemilikan terhadap Aset SBSN yang diterbitkan sesuai fatwa Ijarah Asset to be Leased dan mendapat opini syariah dari DSN-MUI.
  4. Cukup dengan investasi awal Rp5 juta. Selanjutnya berlaku kelipatan dan maksimal investasi Rp5 miliar.
  5. Hasil tetap setiap bulan. Imbalan Sukuk Ritel dibayar dalam jumlah tetap setiap bulan hingga jatuh tempo.
  6. Pajak lebih rendah. Imbalan Sukuk Ritel dikenakan pajak 15%, lebih rendah dibandingkan pajak terhadap bunga deposito 20%.
  7. Kenyamanan investasi selama tiga tahun. Jangka waktu investasi pada Sukuk Ritel adalah tiga tahun. Selama masa itu, investor menerima imbalan setiap bulan dan di akhir periode akan kembali menerima pokok pembelian.
  8. Bisa dijual sebelum jatuh tempo. Sukuk Ritel dapat dijual di pasar sekunder dengan harga pasar.
  9. Dapat dijaminkan. Agen Penjual Sukuk Ritel menyediakan fasilitas dimana investor dapat menjaminkan Sukuk Ritel jika memerlukan likuiditas sebelum jatuh tempo.
  10. Partisipasi langsung dalam pembangunan Indonesia. Hasil penerbitan Sukuk Ritel digunakan untuk membiayai pembangunan Indonesia.

Aspek Syariah

Akad syariah dalam penerbitan Sukuk Ritel berbasis sewa (ijarah), yaitu Sukuk yang mencerminkan kepemilikan aset berwujud yang disewakan/akan disewakan. Sukuk Ritel bukan pernyataan utang namun mencerminkan bukti kepemilikan terhadap Aset SBSN (underlying asset) yang disewakan/akan disewakan. Investor Sukuk Ritel akan menerima ujrah atau uang sewa dalam jumlah tetap secara berkala dari transaksi tersebut.

Sejak penerbitan perdana tahun 2009, Sukuk Ritel telah diterbitkan dengan dua akad, Ijarah Sale and Lease Back dan Ijarah Asset to be Leased.

  Struktur Akad   Ijarah Sale and Lease Back   Ijarah Asset to be Leased
Deskripsi Sukuk yang diterbitkan dengan menggunakan mekanisme sale and lease back yaitu transaksi jual beli aset dimana pihak pembeli kemudian menyewakan kembali aset yang telah dibelinya kepada pihak penjual Sukuk yang diterbitkan sebagai bukti kepemilikan atas bagian dari Aset SBSN yang menjadi obyek ijarah, baik yang sudah ada maupun akan ada.
Fatwa DSN-MUI Nomor 72 Tahun 2008 Nomor 76 Tahun 2010
Aset SBSN Barang Milik Negara berupa tanah dan bangunan Proyek/kegiatan Pemerintah, Barang Milik Negara berupa tanah dan bangunan
Imbalan Uang sewa (ujrah), bersifat tetap Uang sewa (ujrah), bersifat tetap
Seri Sukuk Ritel SR-001 s.d. SR-003 Sejak SR-004 tahun 2012


Cara Membeli Sukuk Ritel

Membeli Sukuk Ritel sangat mudah. Hampir seluruh bank besar, baik nasional, maupun asing, bank syariah, dan perusahaan sekuritas yang kredibel, bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel.
Melalui Agen Penjual yang telah ditunjuk Pemerintah, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP, dapat membeli Sukuk Ritel.
  1. Mengisi formulir pemesanan, menyerahkan foto copy KTP.
  2. Membuka rekening dana dan rekening surat berharga (bila belum memiliki rekening).
  3. Menyetorkan dana. Minimal pembelian Rp5 juta, maksimal Rp5 miliar.
  4. Menunggu hasil penjatahan dari Pemerintah.
  5. Bila tidak mendapatkan penjatahan seluruhnya atau sebagian, Agen Penjual harus mengembalikan dana investor kembali ke rekening investor.

Kiat Berinvetasi pada Sukuk Ritel

Sukuk Ritel merupakan instrumen pasar modal. Untuk berinvestasi pada instrumen pasar modal, kita perlu memahami karakteristik instrumen tersebut supaya investasi kita menguntungkan. Untuk memahami seluk beluk instrumen dan kiat berinvestasi pada Sukuk Ritel, setiap investor harus mempelajari Memorandum Informasi yang dapat diperoleh pada setiap Agen Penjual.
Ada beberapa risiko yang melekat pada instrumen pasar modal, salah satunya risiko gagal bayar. Namun Sukuk Ritel adalah instrumen yang pembayarannya dijamin Pemerintah melalui Undang-Undang*. Masih ada risiko lainnya, dengan mengenali risiko tersebut, kita dapat mempelajari cara mengatasinya.

Risiko Pasar (Market Risk) yaitu risiko terjadinya capital loss akibat harga jual Sukuk Ritel di pasar sekunder lebih rendah dari pada harga beli. Untuk menghindari kerugian, bila terjadi gejolak harga di pasar, sebaiknya kita tetap tenang dan tidak menjual Sukuk Ritel. Bila sabar menunggu hingga jatuh tempo, nominal pokok Sukuk Ritel akan kembali utuh 100%.

Risiko Likuiditas (Liquidity Risk) yaitu risiko terjadinya kesulitan dalam menjual Sukuk Ritel sebelum jatuh tempo. Agen Penjual Sukuk Ritel tempat membeli pertama kali dapat bertindak sebagai standby buyer dan siap membeli Sukuk Ritel dari investor. Jika membutuhkan dana namun tidak ingin menjual kepemilikan Sukuk Ritel, dapat dijaminkan kepada Agen Penjual.

Beda Investasi pada Sukuk Ritel dengan Yang Lain

Saham Reksadana Deposito ORI Sukuk Ritel
Imbalan Dividen, bisa setahun sekali Kenaikan Nilai Aktiva Bersih Bunga setiap bulan Kupon setiap bulan Imbalan setiap bulan
Masa Jatuh Tempo Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada Ada
Pasar Sekunder dan Potensi Capital Gain Ada Ada Tidak Ada Ada Ada
Jaminan Pemerintah Tidak Ada Tidak Ada Ada (maksimal Rp2 miliar) Ada (100%) Ada (100%)
Kesesuaian Syariah Hanya untuk saham yang masuk Jakarta Islamic Index Hanya untuk produk reksadana syariah Hanya untuk simpanan di perbankan syariah Tidak Fatwa dan opini syariah dari DSN-MUI

Informasi Lain

Brosur "Project Financing Sukuk"  Download
Brosur "Sukuk Negara Sebagai Instrumen Pembiayaan dan Investasi" Download
Brosur "Berinvestasi Pada Sukuk Ritel" Download


Sukuk Ritel

SR-008


Syarat dan Ketentuan SR-008

Akad Ijarah Asset to be Leased
Tanggal Penerbitan 10 Maret 2016
Jatuh tempo 10 Maret 2019
Nominal per Unit Rp1.000.000,-
Harga per Unit At par (100%)
Nominal Pelunasan At par (100%), bullet payment
Tradability Tradable, dengan holding period 1 periode kupon
Underlying Asset Proyek APBN 2016 dan BMN berupa Tanah & Bangunan
Minimum Pemesanan Rp5.000.000,- dan kelipatannya
Maksimum Pemesanan Rp5.000.000.000,-
Tingkat Imbalan    8,3 % per tahun
Imbalan Fixed, dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan

Tanggal Penting

Kegiatan Tanggal
Masa Penawaran 19 Februari s.d. 4 Maret 2016
Penjatahan 7 Maret 2016
Penerbitan/Setelmen 10 Maret 2016
Pengembalian dana yang tidak mendapat penjatahan Paling lambat 3 hari kerja setelah Penjatahan
Konfirmasi kepemilikan 7 hari kerja setelah Setelmen
Pencatatan di Bursa 11 Maret 2016
(namun pemindahtanganan baru dapat dilakukan setelah 1 periode kupon)

Agen Penjualan SR-008

Untuk pemesanan Sukuk Ritel seri SR-008, calon investor dapat mendatangi 26 Agen Penjual yang terdiri dari 20 bank umum (termasuk 3 bank syariah) dan 6 perusahaan sekuritas.
Bank Mandiri Bank CIMB Niaga Bank Danamon Indonesia
Bank Rakyat Indonesia Bank Central Asia Bank Mega
Bank Tabungan Negara Bank Permata Bahana Securities
Bank Negara Indonesia Bank Panin Danareksa Sekuritas
Bank Syariah Mandiri Bank Maybank Indonesia Trimegah Securities
Bank Muamalat Indonesia Bank ANZ Indonesia Sucorinvest Central Gani
Bank BRISyariah Bank DBS Indonesia Mega Capital Indonesia
Bank OCBC NISP Standard Chartered Bank MNC Securities
HSBC Citibank N.A

Download Prospektus Sukuk Ritel SR-008

Informasi Lengkap Silakan Menuju Halaman Ini


Share this

Orang Desa yang biasa-biasa saja, tidak istimewa. 

Tulisan Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
13 Januari 2018 13.32 delete

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL:globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

Reply
avatar
22 Januari 2018 10.52 delete

Assala mua laikum

Saudara dan saudari saya, saya membawa semua kabar baik tentang bagaimana Global Fund Foundation telah membantu saya
Saya telah mengajukan permohonan kredit di internet untuk beberapa waktu sekarang, pemberi pinjaman kredit pertama yang saya temui di internet memberi saya formulir untuk mengisi apa yang saya lakukan, mereka meminta saya untuk mengikuti instruksi yang diberikan kepada saya oleh perusahaan yang saya lakukan. Setelah beberapa waktu mereka meminta saya untuk membayar sejumlah uang ke perusahaan tersebut, ibu saya menasihati saya tentang hal ini namun saya percaya dan mengirimkan biaya kepada mereka, mereka menyuruh saya untuk menunggu agar mereka kembali kepada saya. Saya menunggu dengan sabar saat mereka kembali kepada saya, mereka mengatakan kepada saya untuk membayar biaya lain sehingga meninggalkan mereka dengan penyesalan saya juga diterapkan pada tiga perusahaan pinjaman lainnya mereka semua mencuri uang saya dari saya.

Pada hari saya yang setia di internet saat melihat jabatan tersebut, saya melewati pos yang tidak pernah ingin mendaftar ke perusahaan, tetapi karena saya memerlukan uang untuk bisnis saya, saya mengambil kepercayaan dan mengajukan pinjaman di sebuah perusahaan bernama Globbal Fund Foundation dan setelah semua proses akhirnya saya dot fron perusahaan G.G.F

Jadi saya recomment perusahaan ini untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman asli qwith out stres dan mereka jujur ​​dalam bisnis dan mereka mengatakan yang sebenarnya sehingga Anda juga bisa mendapatkan rit dari stres pinjaman Anda adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli saya tahu dan dapat bost


Terima kasih kepada ** ((globalfundfoundation9@gmail.com)) ** Saya telah menyelesaikan transaksi bisnis saya.
Jangan terkecoh oleh sesama orang Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi saya @ cahayaagung919@gmail.com.
Jangan jatuh bodoh untuk dibohongi lagi oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu

Selamat siang

Reply
avatar
22 Januari 2018 11.07 delete

Assala mua laikum

Saudara dan saudari saya, saya membawa semua kabar baik tentang bagaimana Global Fund Foundation telah membantu saya
Saya telah mengajukan permohonan kredit di internet untuk beberapa waktu sekarang, pemberi pinjaman kredit pertama yang saya temui di internet memberi saya formulir untuk mengisi apa yang saya lakukan, mereka meminta saya untuk mengikuti instruksi yang diberikan kepada saya oleh perusahaan yang saya lakukan. Setelah beberapa waktu mereka meminta saya untuk membayar sejumlah uang ke perusahaan tersebut, ibu saya menasihati saya tentang hal ini namun saya percaya dan mengirimkan biaya kepada mereka, mereka menyuruh saya untuk menunggu agar mereka kembali kepada saya. Saya menunggu dengan sabar saat mereka kembali kepada saya, mereka mengatakan kepada saya untuk membayar biaya lain sehingga meninggalkan mereka dengan penyesalan saya juga diterapkan pada tiga perusahaan pinjaman lainnya mereka semua mencuri uang saya dari saya.

Pada hari saya yang setia di internet saat melihat jabatan tersebut, saya melewati pos yang tidak pernah ingin mendaftar ke perusahaan, tetapi karena saya memerlukan uang untuk bisnis saya, saya mengambil kepercayaan dan mengajukan pinjaman di sebuah perusahaan bernama Globbal Fund Foundation dan setelah semua proses akhirnya saya dot fron perusahaan G.G.F

Jadi saya recomment perusahaan ini untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman asli qwith out stres dan mereka jujur ​​dalam bisnis dan mereka mengatakan yang sebenarnya sehingga Anda juga bisa mendapatkan rit dari stres pinjaman Anda adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli saya tahu dan dapat bost


Terima kasih kepada ** ((globalfundfoundation9@gmail.com)) ** Saya telah menyelesaikan transaksi bisnis saya.
Jangan terkecoh oleh sesama orang Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi saya @ cahayaagung919@gmail.com.
Jangan jatuh bodoh untuk dibohongi lagi oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu

Selamat siang

Reply
avatar
11 Agustus 2018 00.04 delete

2331 Crownpoint Executive Dr N, Charlotte, NC 28227, EE. UU.


## METROLINA CREDIT COMPANY ##

METROLINA CREDIT COMAPANY
Kami adalah pemberi pinjaman online berlisensi yang melayani kebutuhan keuangan pelanggan online dengan staf yang memelopori pinjaman online dan memiliki pengalaman kredit gabungan selama berpuluh tahun. METROLINA CREDIT COMPANY terus memelopori peminjaman di internet dengan filosofi peminjaman yang andal, aman dan ramah pengguna.

Kami adalah aliansi nasional pemberi pinjaman hipotek terkemuka yang menawarkan berbagai macam produk pinjaman untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pelanggan, termasuk pembelian rumah baru, pembiayaan kembali dan pinjaman ekuitas rumah, Perbaiki dan Balik. Kami juga menyediakan Anda dengan Pendanaan untuk Konsolidasi Utang Anda, Pengeluaran Pribadi, Pembelian Mobil, Ekspansi Bisnis, dll.

Manfaat Pendanaan kami meliputi:

• Persetujuan Cepat @ tingkat bunga rendah,
• Periode Rahmat 3 Bulan,
• Jangka waktu yang fleksibel (maksimum 10 tahun),
• Tidak ada penalti pembayaran di muka
• Nyata dan mudah,
• Laporan kredit tidak wajib.

Jangan membalas email ini untuk mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk pendanaan.
***********metrolinacreditcompany@gmail.com**********

METROLINA CREDIT COMPANY telah melayani pasar Central North Carolina di Charlotte, Concord, dan High Point selama beberapa dekade. Bisnis keuangan yang didirikan pada tahun 1980-an, Perusahaan Kredit Metrolina selalu berkomitmen untuk memberikan solusi peminjaman yang masuk akal kepada pelanggan tanpa memandang Angka Kredit mereka. Kami menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik bagi pelanggan peminjam kami. Kami merasa itulah satu-satunya cara untuk melakukan bisnis, terutama ketika melakukan bisnis dengan orang yang jujur (Anda!). Karena kami terus berkembang di seluruh Amerika dan di luar, kami akan selalu tetap berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan terbaik di kelasnya dan menjadi Mitra Pinjaman Lokal Anda.

Hubungi kami sekarang

Reply
avatar
24 Oktober 2018 21.57 delete

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Reply
avatar
14 November 2018 08.18 delete

,,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
Tuhan memberkati kalian semua!

Reply
avatar