Dana Desa Belum Entaskan Kemiskinan

8/12/2017
SIGIT SOSIANTOMO (Wakil Ketua Komisi V DPR RI)
KeuanganDesa.info, JAKARTA - Triliunan dana desa yang telah digelontorkan, belum mampu mengentaskan kemiskinan di pedesaan. Padahal, Dana Desa cenderung terus meningkat dan sudah seharusnya pendapatan masyarakat, khususnya di kalangan pemuda desa bisa ditingkatkan. Penilaian tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo. 


"Jadikan dana desa menjadi tulang punggung ekonomi desa dan pemberdayaan pemuda. 3 tahun setelah dana desa digulirkan, namun belum menyentuh substansi permasalahan kemiskinan dan pemberdayaan pemuda," kata Sigit, Kamis (10/8).

Selama kunjungan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur I, Sigit memperoleh aspirasi dari para kepala desa, bahwasannya penyaluran dana desa kerapkali terlambat. Selain itu, administrasi keuangan desa harus menjadi perhatian. Untuk itu, ia meminta kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar bisa memperhatikan hal tersebut, melalui kerjasama dengan Menteri Dalam Negeri.

"Transfer langsung dana desa ke rekening desa, bukan lagi melalui transfer ke rekening kabupaten atau kota, juga bisa menjadi solusi lambannya pencairan dana desa. Yang akhirnya berdampak pada pembangunan desa secara keseluruhan," harap Politisi F-PKS itu. ***

Share this

Tulisan Terkait

Previous
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar