Terapkan CMS, Kades Teluk Kapuas Merasa Mudah dan Cepat Selesaikan Laporan Keuangan Desa

Acha 10/13/2021

Terapkan CMS, Kades Teluk Kapuas Merasa Mudah dan Cepat Selesaikan Laporan Keuangan Desa
KeuanganDesa.info, PONTIANAK – Sejak diterapkannya pengelolaan Keuangan Desa melalui aplikasi Cash Management System (CMS) oleh semua (118) desa di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) sejak tahun 2020 lalu, mampu membentengi setiap kepala desa dalam penyalahgunaan pengelolaan keuangan desa.

Pasalnya, masing-masing kepala desa merasa dipermudah, terlindungi dan terbentengi oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui gagasan, ide dan inovasi Bupati Muda Mahendrawan dalam mengelola keuangan desa melalui sistem CMS. 

Kepala Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya Abdul Halim Abdullah mengatakan, dengan diterapkannya CMS ini, dari total anggaran Rp.1,9 milyar untuk desanya itu sampai saat ini serapan anggaran dan pengelolaan keuangan di desanya sudah mencapai 85 persen, karena semua program di desanya sudah dilaksanakan sedangkan 15 persen lainnya hanya membayar gaji dan intensif RT dan perangkat desa.

"Saya menilai, dengan CMS desa ini semua urusan di pemerintahan desa kami itu sangat terbantu dengan semakin cepatnya serapan anggaran yang kami lakukan. Selain untuk program di desa, anggaran desa yang kami terima itu juga disisihkan 8 persen dari anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mana untuk di desa Teluk Kapuas terdapat 50 KPM dan 40 diantaranya diberikan secara non tunai melalui aplikasi CMS sedangkan 10 lainnya diberikan secara tunai, kata Abdul Halim Abdullah saat menjadi narasumber dalam Dialog Luar Studio RRI Pontianak bersama Kabid Keuangan dan Aset Desa DPMD Kubu Raya Rini Kurnia Solihat, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sungai Raya Indo Machdori Sutiyo dan Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid dengan tema Penerapan CMS Desa di aula Kantor Camat Sungai Raya, Selasa (12/10/2021) pagi.

Menurutnya, implementasi pengelolaan keuangan desa dengan sistem non tunai dengan aplikasi CMS ini telah memberikan kemudahan dan keamanan bagi Kepala Desa di kabupaten termuda di Kalbar itu.

"Saya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi CMS dalam melaksanakan program transaksi non tunai, meski masih terdapat kendala dalam menerapkan sistem ini, namun dirinya mengaku dengan sistem ini akan merubah mindset masyarakat Desa", tuturnya.

Kepala Desa Teluk Kapuas dua priode itu menilai, dengan diterapkannya sistem ini, tentunya tidak ada lagi hal-hal yang ditutupi, karena pihak ketiga yang menjadi rekanan akan intensif dalam melakukan transparansi masalah keuangan.

"Namun yang paling penting dalam pengelolaan keuangan Desa ini adalah merubah mainset dan pola fikir masyarakat kita", paparnya.

Halim menyampaikan, dengan berubahnya pola fikir masyarakat dengan sistem pengelolaan desa yang baik, maka itulah dasar fundamental yang akan merubah kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan Desa.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pak bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang telah mengeluarkan inovasi terkait program ini, karena semua itu akan memberikan kemudahan dan rasa aman dalam mengelola keuangan Desa", ucapnya.

Selain itu Halim menambahkan, dengan adanya aplikasi CMS ini maka transaksi bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Karena dalam penggunaan aplikasi CMS ini ada beberapa point yang didapatnya dari apa yang disampaikan pihak Bank Kalbar Cabang Kubu Raya.

"Diantaranya, kemudahan dalam melakukan pentransferan kapada pihak ketiga, baik itu toko bangunan, toko makanan dan snack, toko Alat Tulis Kantor (ATK), bisa juga dilakukan transfer antar bank bahkan mentransfer ke banyak Bank pun bisa dilakukan. Tentunya dengan kemudahan ini akan membuat kami merasa lebih terlindungi dari penyalahgunaan anggaran, karena sisa anggaran Rp.1 yang ada di kas desa kami harus tetap dipertanggungjawabkan", tutup Halim.[]

Share this

Tulisan Terkait

Previous
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar